PM Morrison: 24 Warga Australia Jadi Korban Gunung Api di Selandia Baru

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 02:53 WIB
PM Scott Morrison (Foto: AAP Image/Mick Tsikas via REUTERS)
PM Scott Morrison (Foto: AAP Image/Mick Tsikas via REUTERS)
Canberra - Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengatakan 24 warganya menjadi korban letusan gunung api di Pulau White Island, Selandia Baru. Morrison mengatakan beberapa di antaranya masih hilang dan dikhawatirkan tewas.

Dilansir AFP, Selasa (10/12/2019), Morrison mengatakan 24 warga Australia mengunjungi Pulau White Island sebagai bagian dari rangkaian tur kapal pesiar Royal Caribbean.

"Sejauh ini kami sudah berhasil mengidentifikasi warga Australia yang menjadi korban yang tengah dirawat di rumah sakit. Kami akan terus bekerja hingga malam untuk menyelesaikannya," kata Morrison.

"Kami berharap untuk mendapat kabar lebih lanjut besok pagi (waktu setempat). Namun, bagaimanapun kami harus bersiap untuk kabar buruk," sambungnya.



Kepolisian Selandia Baru memperkirakan tak ada lagi korban selamat dari letusan gunung api di Pulau White Island. Pernyataan itu menyiratkan setidaknya lebih dari 2 lusin orang yang berada di pulau itu tewas.

Sebelumnya, polisi mengatakan setidaknya 50 orang tengah mengunjungi Pulau White Island saat gunung api di sana meletus pada sore hari waktu setempat. Mereka terdiri dari warga Selandia Baru dan turis asing.



Polisi mengatakan, beberapa tim penyelamat yang memantau dari udara telah mencoba untuk menemukan korban lain yang masih terjebak di pulau. Namun, hingga kini tak ada tanda-tanda kehidupan.

"Berdasarkan informasi yang kami miliki, kami tidak yakin ada korban yang selamat di pulau. Polisi saat ini tengah berusaha mengkonfirmasi berapa jumlah korban yang tewas," katanya. (mae/dwia)