Korut Kembali Menghina Trump sebagai 'Pria Tua yang Tak Bisa Ditebak'

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 09 Des 2019 18:37 WIB
Trump dan Kim Jong-Un saat bertemu untuk kedua kalinya di Vietnam (REUTERS/Leah Millis)
Trump dan Kim Jong-Un saat bertemu untuk kedua kalinya di Vietnam (REUTERS/Leah Millis)
Pyongyang - Korea Utara (Korut) kembali melontarkan kata-kata hinaan untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Kali ini, Korut menyebut Trump sebagai 'pria tua yang tidak peduli dan tidak bisa ditebak'.

Hinaan itu dilontarkan Korut setelah Trump berkomentar via Twitter soal pemimpin Korut, Kim Jong-Un, usai laporan menyebut Korut baru saja menggelar 'uji coba sangat penting'. Trump menyebut Kim Jong-Un tidak akan meninggalkan hubungan khusus di antara keduanya dengan melanjutkan aksi-aksi keji Korut.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (9/12/2019), seorang pejabat senior Korut, Kim Yong-Chol, yang juga mantan perunding nuklir Korut menyebut dalam pernyataannya bahwa negaranya tidak akan menyerah pada tekanan AS. Kim Yong-Chol menuduh pemerintahan Trump berupaya mengulur waktu menjelang batas waktu akhir tahun yang ditetapkan oleh Kim Jong-Un bagi AS untuk menyelamatkan perundingan denuklirisasi.


Pada Minggu (8/12) waktu setempat, Trump memposting komentar via Twitter yang berbunyi: "Kim Jong-Un terlalu cerdas dan memiliki terlalu banyak kerugian, sebenarnya semuanya, dia bertindak dalam cara keji ... Korea Utara di bawah kepemimpinan Kim Jong-Un memiliki potensi ekonomi besar, tapi harus melakukan denuklirisasi seperti yang dijanjikan."

Trump merujuk pada pernyataan samar yang dirilis dirinya dan Kim Jong-Un usai pertemuan bersejarah di Singapura pada Juni 2018 yang menyerukan Semenanjung Korea bebas nuklir tanpa menyebut kapan atau bagaimana hal itu akan terjadi. Ditambahkan Trump dalam postingannya bahwa Kim Jong-Un 'tidak ingin meninggalkan hubungan spesialnya dengan Presiden Amerika Serikat atau mencampuri pemilihan presiden AS pada November (tahun depan)'.
Selanjutnya
Halaman
1 2