Arab Saudi Hapus Pemisahan Jenis Kelamin di Pintu Masuk Restoran

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 09 Des 2019 17:30 WIB
Pintu masuk restoran di Saudi dipisahkan berdasarkan jenis kelamin (AP Photo/Amr Nabil)
Riyadh - Otoritas Arab Saudi tidak lagi mewajibkan restoran dan kafe di wilayahnya untuk memisahkan pintu masuk berdasarkan jenis kelamin. Langkah ini menandai kelonggaran dalam batasan sosial yang berlaku sejak lama di Saudi.

Seperti dilansir AFP, Senin (9/12/2019), tempat makan di Saudi telah sejak lama diwajibkan memiliki satu pintu masuk untuk pria lajang dan pintu masuk lainnya untuk wanita dan keluarga. Aturan pemisahan berdasarkan jenis kelamin di area-area publik telah diberlakukan selama bertahun-tahun di Saudi.

Dalam pernyataan pada Minggu (8/12) waktu setempat, Kementerian Urusan Perkotaan dan Pedesaan mengumumkan penghapusan beberapa persyaratan untuk restoran dan kafe setempat, termasuk kewajiban untuk 'pintu masuk bagi lajang dan pintu masuk terpisah bagi keluarga'.


Tidak diketahui secara jelas apakah larangan duduk bersama di restoran bagi orang-orang berbeda jenis kelamin yang bukan keluarga dan pasangan suami-istri, juga akan dihapus.

Diketahui bahwa restoran-restoran di Saudi saat ini memisahkan bagian 'keluarga' bagi mereka yang terdiri atas keluarga dan wanita, serta area 'lajang' bagi kaum laki-laki.

Reformasi terbaru ini dipuji oleh kaum muda di Saudi, namun dikecam oleh kalangan konservatif di media sosial. Salah satu pengguna Twitter yang menentang reformasi itu menyebutnya 'bertentangan dengan syariat'.




Tonton juga video Imigrasi Koordinasi dengan Arab Saudi Soal Izin Tinggal HRS:


Selanjutnya
Halaman
1 2