India Buru Guru Spiritual Terkait Pemerkosaan dan Penculikan Anak-anak

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 09 Des 2019 16:39 WIB
Swami Nityananda (AFP Photo)
Swami Nityananda (AFP Photo)
New Delhi - Otoritas India tengah memburu seorang guru spiritual yang buron saat terjerat kasus pemerkosaan. Otoritas perbatasan dan kedutaan besar India telah merilis pemberitahuan terkait guru spiritual yang terakhir dilaporkan telah kabur ke luar negeri ini.

Seperti dilansir AFP, Senin (9/12/2019), guru spiritual bernama Swami Nithyananda (41) itu tengah diburu polisi India terkait kasus pemerkosaan, pelecehan seksual dan penculikan anak-anak. Nithyananda merupakan salah satu dari sekian banyak guru spiritual di India yang memiliki ribuan pengikut.

Pekan lalu, Nithyananda yang dijuluki 'pria suci' ini mengumumkan secara online pembentukan negaranya sendiri -- dilaporkan ada di lepas pantai Ekuador -- lengkap dengan kabinet, paspor emas dan bahkan memiliki departemen keamanan dalam negeri sendiri.


Saat ditanya soal keberadaan Nithyananda saat ini, Kementerian Luar Negeri India menyatakan bahwa paspor milik Nithyananda telah dicabut dan pemerintah India telah merilis pemberitahuan kepada 'seluruh misi dan pos (diplomatik) kita'.

Pemerintah lokal juga dalam kondisi waspada terkait kasus ini. "Kami tidak pernah mengatakan dia (Nithyananda-red) ada di Ekuador," tegas juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Raveesh Kumar, kepada reporter di New Delhi.

Kebingungan mencuat terkait lokasi soal negara baru yang diumumkan oleh Nithyananda. Dalam pernyataannya via video YouTube, Nithyananda mengklaim negara baru yang diberi nama 'Kailaasa' itu sebagai 'negara Hindu terbesar tanpa perbatasan'.

Simak Video "Bus Rombongan Guru Terjun ke Sungai di Blitar, 5 Orang Tewas"


Selanjutnya
Halaman
1 2