Kelompok Pria Bersenjata Lepas Tembakan Saat Demo Irak, 15 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 09:25 WIB
Demonstran antipemerintah di Baghdad saat berhadapan dengan pasukan keamanan Irak (AP Photo/Khalid Mohammed)
Demonstran antipemerintah di Baghdad saat berhadapan dengan pasukan keamanan Irak (AP Photo/Khalid Mohammed)
Baghdad - Sekelompok pria bersenjata melepas tembakan di Alun-alun Khilani di Baghdad, Irak, saat unjuk rasa antipemerintah masih digelar. Sedikitnya 15 orang tewas dan sekitar 60 orang lainnya mengalami luka-luka.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (7/12/2019), penembakan yang terjadi pada Jumat (6/12) waktu setempat ini membuat demonstran antipemerintah yang ada di sekitar lokasi berlarian untuk menyelamatkan diri. Sejumlah demonstran berlari ke Alun-Alun Tahrir dan beberapa lainnya sembunyi di masjid.

Masih belum diketahui secara jelas siapa yang melakukan penembakan brutal ini. Pria-pria bersenjata yang melakukan penembakan dilaporkan beraksi dari sejumlah mobil.


Laporan sejumlah pejabat keamanan dan pejabat medis setempat menyebut 15 orang tewas, dengan dua orang di antaranya adalah personel Kepolisian Irak.

Penembakan brutal ini terjadi saat para demonstran antipemerintah menduduki sebagian jembatan Jumhuriya, Sinak dan Ahar dalam bentrokan dengan pasukan keamanan. Ketiga jembatan itu diketahui mengarah ke Zona Hijau, yang dikawal ketat karena merupakan lokasi gedung pemerintahan Irak dan sejumlah misi diplomatik asing.

"Kami ditembaki sekarang dengan aliran listrik terputus, para korban luka dan korban tewas ada di sini dan peluru-peluru ditembakkan di Jembatan Sinak," ucap salah satu demonstran yang tidak menyebut namanya.

Simak Video "Pedemo Irak Blokade Rute ke Pelabuhan"


Selanjutnya
Halaman
1 2