Pria Buta di AS Dieksekusi Mati karena Bakar Mantan Pacar, Pilih Disetrum

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 12:17 WIB
Foto: Thinkstock
Tennessee - Seorang pria tuna netra dieksekusi mati di negara bagian Tennessee, Amerika Serikat karena membakar mantan pacarnya hingga tewas.

Lee Hall yang sebelumnya dikenal sebagai Leroy Hall, memilih untuk dieksekusi mati dengan cara disetrum, bukannya disuntik mati. Hukuman kursi listrik ini telah ditawarkan di Tennessee bagi para napi yang divonis mati sebelum tahun 1999.

Menurut statemen dari Lembaga Pemasyarakatan Tennessee seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (6/12/2019), Hall dinyatakan meninggal pada Kamis (5/12) pukul 19.26 waktu setempat.


Hall dihukum mati setelah dinyatakan bersalah karena membakar sebuah mobil berisi mantan kekasihnya pada tahun 1991. Pengacara Hall menyampaikan pembelaan tahun lalu bahwa mengeksekusi pria berumur 52 tahun itu akan "menyinggung kemanusiaan" karena dia mengalami kebutaan akibat glaucoma.

Namun upaya untuk mengajukan banding atas putusan tersebut telah ditolak dan pada Rabu (4/12) waktu setempat, Gubernur Tennessee, Bill Lee menolak memberikan pengampunan bagi Hall.

"Sistem peradilan telah meninjau secara mendalam kasus Lee Hall selama hampir 30 tahun, termasuk peninjauan tambahan dan putusan oleh Pengadilan Tinggi Tennessee kemarin dan hari ini," kata Lee dalam sebuah pernyataan. "Penghakiman dan hukuman didasarkan pada putusan ini, dan saya tidak akan campur tangan dalam kasus ini," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2