detikNews
Senin 02 Desember 2019, 04:46 WIB

Bus Jatuh ke Sungai Beku di Siberia, 19 Tewas

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Bus Jatuh ke Sungai Beku di Siberia, 19 Tewas Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Moskow - Bus penumpang terjun dari jembatan ke sungai membeku di Siberia. Akibatnya, 19 dari 40 orang di dalam bus tewas.

Dikutip dari AFP, Senin (2/12/2019), sebuah ban bus itu meledak ketika melintasi jembatan di atas sungai Kuenga di wilayah Zabaikalsky di Siberia timur. Kendaraan yang berpergian dari Sretensk ke Chita dan membawa 40 penumpang itu tergelincir dari jalanan lalu jatuh ke es.

"19 orang tewas dan 21 lainnya menderita luka bervariasi," kata kantor gubernur wilayah Zabaikalsky dalam sebuah pernyataan. Dua orang anak usia prasekolah dilaporkan termasuk dalam korban tewas.


Televisi nasional menayangkan puing-puing bus yang hancur, tergeletak terbalik di atas es bersalju yang dikelilingi oleh ambulans dan mobil pemadam kebakaran. 19 orang termasuk gadis 12 tahun dirawat.

Lebih dari 70 orang dan 2 helikopter dengan peralatan medis terlibat dalam operasi penyelamatan. Perdana Menteri Dmitry Medvedev mengatakan kepada wakilnya Tatyana Golikova untuk melakukan segalanya dalam membantu keluarga para korban.

Kepala pemerintahan mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dari korban yang meninggal," bunyi pernyataan pemerintah.

Komite Investigasi, yang menyelidiki insiden serius, mengatakan telah membuka penyelidikan kriminal tentang kemungkinan pelanggaran peraturan keselamatan lalu lintas.


Kepala Komite Investigasi, yang melapor langsung kepada Presiden Vladimir Putin, menuntut 'penyelidikan terperinci' atas kecelakaan mematikan itu. Para pejabat mengatakan pengemudi--yang meninggal dalam kecelakaan itu--memiliki pengalaman bertahun-tahun.

Otoritas setempat meluncurkan kampanye pendanaan untuk membantu para korban dan keluarga mereka. Kecelakaan di jalan umum terjadi di Rusia, seringkali karena alkohol, kondisi jalan yang buruk dan kegagalan untuk mematuhi peraturan lalu lintas.

Namun, jumlah kematian di jalan menurun dalam beberapa tahun terakhir, menjadi sekitar 20.000 per tahun.




Simak juga video Bus Tingkat di Peru Masuk Jurang, 7 Orang Tewas:

[Gambas:Video 20detik]




(gbr/lir)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com