Pelaku Serangan Teroris di London Bridge Eks Napi Terorisme

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 09:51 WIB
Seorang polisi forensik memeriksa lokasi serangan teroris di London Bridge (AP Photo/Matt Dunham)
Seorang polisi forensik memeriksa lokasi serangan teroris di London Bridge (AP Photo/Matt Dunham)
London - Pelaku serangan teroris di London Bridge, Inggris, telah diketahui identitasnya. Kepolisian Inggris menyebut pelaku bernama Usman Khan dan menyebutnya sebagai bekas narapidana (napi) kasus terorisme yang bebas tahun lalu.

Seperti dilansir AFP dan Channel News Asia, Sabtu (30/11/2019), Usman Khan yang berusia 28 tahun ini ditembak mati oleh polisi Inggris usai menikam sejumlah orang di London Bridge pada Jumat (29/11) waktu setempat. Sedikitnya dua orang tewas dalam serangan tersebut.


Kepolisian setempat menegaskan pihaknya tidak secara aktif mencari tersangka lainnya terkait serangan teroris tersebut. Kepolisian Inggris sebelumnya telah menyatakan penyerangan di London Bridge sebagai 'insiden teroris'.

"Individual ini dikenal oleh otoritas setempat, pernah divonis bersalah atas dakwaan terorisme tahun 2012," sebut Kepala Divisi Pemberantasan Terorisme pada Kepolisian Metropolitan London, Neil Basu, dalam pernyataannya.

"Dia dibebaskan dari penjara pada Desember 2018 dengan lisensi (semacam pembebasan bersyarat) dan jelas, fokus penyelidikan sekarang adalah mencari tahu bagaimana dia bisa melakukan serangan ini," imbuhnya.


Diketahui bahwa seseorang yang dibebaskan dengan lisensi harus tunduk pada syarat tertentu selama durasi masa hukuman mereka usai keluar dari penjara. Surat kabar lokal, The Times, melaporkan bahwa Khan setuju untuk memakai electronic tag usai keluar dari penjara.

Simak Video "Polri Tangkap 74 Terduga Teroris, Komisi III: Deradikalisasi Belum Maksimal"

Selanjutnya
Halaman
1 2