detikNews
2019/11/29 09:17:26 WIB

Trump Teken RUU Dukung Mereka, Demonstran Hong Kong Gelar Perayaan

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 3
Trump Teken RUU Dukung Mereka, Demonstran Hong Kong Gelar Perayaan Demonstran pro-demokrasi di Hong Kong membawa bendera AS saat merayakan RUU yang diteken Trump (AP Photo/Vincent Thian)
Hong Kong - Demonstran pro-demokrasi di Hong Kong menyambut baik keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menandatangani dua rancangan undang-undang (RUU) yang mendukung mereka. Ribuan demonstran turun ke alun-alun di pusat kota Hong Kong untuk merayakannya.

Seperti dilansir Associated Press dan CNN, Jumat (29/11/2019), ribuan demonstran pro-demokrasi Hong Kong memenuhi alun-alun setempat pada Kamis (28/11) malam waktu setempat. Aksi ini dimaksudkan sebagai ucapan terima kasih kepada AS untuk dua RUU yang mendukung penegakan HAM di Hong Kong.

Dalam perayaannya, mereka melambaikan bendera AS dan membawa poster bertuliskan ucapan terima kasih untuk Trump dan AS. Para demonstran juga bersumpah untuk 'terus maju' dalam perjuangannya menuntut reformasi politik dan tuntutan lainnya di Hong Kong.


Para aktivis dan politikus pro-demokrasi di Hong Kong juga ikut dalam perayaan via online usai Trump menandatangani dua RUU soal Hong Kong pada Rabu (27/11) waktu setempat. Mantan anggota parlemen Hong Kong, Nathan Law, menyebutnya sebagai 'hadiah Thanksgiving yang tepat waktu'.

Thanksgiving merupakan perayaan tahunan yang dirayakan setiap hari Kamis keempat pada bulan November di AS. Untuk tahun ini, Thanksgiving jatuh pada 28 November. Thanksgiving yang menjadi hari libur federal di AS berawal sebagai momen mengucap syukur atas hasil panen dan apa yang terjadi setahun sebelumnya.

Aktivis pro-demokrasi terkemuka Hong Kong, Joshua Wong, menyatakan kepada demonstran yang hadir dalam aksi massa pada Kamis (28/11) malam bahwa tujuan selanjutnya adalah memperluas dukungan global dengan membuat Inggris dan negara-negara Barat lainnya mengikuti langkah AS.

Demonstran Hong Kong memasang poster bertuliskan ucapan terima kasih untuk Presiden AS Donald TrumpDemonstran Hong Kong memasang poster bertuliskan ucapan terima kasih untuk Presiden AS Donald Trump Foto: AP Photo/Kin Cheung



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com