Polisi Jerman Siapkan Rp 7 M untuk Pemberi Informasi Pencuri Museum Dresden

Indra Komara - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 05:32 WIB
Foto: DW (News)
Foto: DW (News)
Berlin - Polisi terus melakukan penyelidikan terkait pencurian di Museum Grnes Gewlbe (Green Vault) di Dresden, Jerman. Polisi juga menyiapkan hadiah sebesar US$ 550 ribu atau setara dengan Rp 7,7 miliar bagi pemberi informasi terkait pencurian di museum tersebut.

Dilansir dari AFP, Kamis (28/11/2019), polisi mengatakan hadiah tersebut ditawarkan bagi warga setempat yang memberikan informasi untuk pengungkapan kasus serta pengembalian harta yang dicuri.

Polisi di seluruh Jerman Timur terus melanjutkan pencarian terhadap pencuri yang membobol museum Green Vault di Istana Kerajaan Dresden pada Senin (25/11) pagi. Pencuri berhasil masuk ke museum setelah melakukan sabotase terhadap jaringan listrik. Komplotan pencuri ini masuk lewat jendela dan menggondol harta peninggalan abad ke-18.



Dilaporkan, para pencuri ini menggondol ratusan berlian, termasuk berlian putih 49 karat terkenal di museum tersebut. Polisi saat ini sedang memburu empat tersangka dalam pencurian dan telah merilis rekaman CCTV yang menunjukkan salah satu pencuri membobol etalase menggunakan kapak.

Selain itu, Polisi Dresden juga mengatakan komplotan pencuri teridentifikasi melakukan kontak dengan kolega di Berlin untuk mengeksplorasi kemungkinan koneksi ke pencurian serupa di ibukota dua tahun lalu. Pada 2017, koin emas raksasa 24 karat 100 kilogram dicuri dari Bode Museum, Berlin.



Pada hari Kamis, polisi mengatakan penyelidikan Dresden sekarang dipimpin oleh departemen jaksa penuntut negara untuk kejahatan terorganisir. Komisi khusus yang dibentuk untuk menyelidiki pencurian itu melibatkan 40 staf.

"Kami tidak akan meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat untuk menyelesaikan kasus ini," kata presiden kepolisian daerah Horst Kretzschmar. (idn/ibh)