Korban Gempa Albania Bertambah: 41 Orang Tewas, 750 Terluka

Indra Komara - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 04:35 WIB
Evakuasi Korban Gempa Albania. (Foto: AP Photo)
Durres - Korban gempa Albania terus bertambah. Total saat ini tercatat 41 orang tewas dan 750 orang terluka.

Dilansir dari AP, Kamis (28/11/2019), operasi pencarian dan penyelamatan korban dilakukan di tiga bangunan runtuh di kota Pelabuhan Durres. Lokasinya 33 kilometer (20 mil) barat Ibu Kota Tirana.



Pihak Kementerian Kesehatan mengatakan lebih dari 750 orang terluka dalam gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang menyebabkan puluhan orang terperangkap di dalam gedung-gedung apartemen runtuh. Gempa tersebut diikuti ratusan gempa susulan, termasuk tiga gempa dengan kekuatan di atas 5.0. Hal itu yang menyebabkan upaya penyelamatan menjadi lebih rumit.

Sebelumnya, gempa mengguncang pada Selasa (26/11) pukul 03.54 pagi waktu setempat. Juru bicara Kementerian Pertahanan Albania, Qahajaj, menyebut sekitar 300 tentara dikerahkan ke Durres dan Thumane di mana 'ada orang-orang yang terjebak puing-puing' bangunan yang ambruk akibat gempa.



Sekitar 1.900 personel kepolisian juga dikerahkan untuk membantu upaya evakuasi. Di Thumane, para tentara, petugas penyelamat dan keluarga korban terus menyisir puing-puing gedung lima lantai yang ambruk. Orang-orang meneriakkan nama-nama anggota keluarga mereka yang masih hilang.

(idn/ibh)