Demonstran Irak Bakar Gedung Konsulat Iran di Najaf

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 13:57 WIB
Demonstran antipemerintah di Irak melakukan aksi pembakaran untuk memblokir ruas jalanan setempat (AP Photo/Ali Abdul Hassan)
Demonstran antipemerintah di Irak melakukan aksi pembakaran untuk memblokir ruas jalanan setempat (AP Photo/Ali Abdul Hassan)
Baghdad - Demonstran antipemerintah membakar sebuah gedung Konsulat Iran di Najaf, Irak bagian selatan. Aksi pembakaran ini terjadi saat bentrokan terbaru pecah antara demonstran dan pasukan keamanan Irak, pekan ini.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Kamis (28/11/2019), demonstran membakar gedung Konsulat Iran di Najaf pada Rabu (27/11) malam waktu setempat. Satu demonstran tewas dan sedikitnya 35 orang luka-luka saat polisi menembakkan peluru tajam untuk mencegah demonstran masuk ke gedung.

Hal tersebut disampaikan oleh seorang pejabat kepolisian Irak setempat yang tidak bisa disebut namanya.


Laporan koresponden AFP di lokasi menyebut, ratusan demonstran mengepung gedung Konsulat Iran di Najaf dan membakar ban, selimut, kardus dan barang-barang lainnya. Kobaran api dan kepulan asap pekat membubung ke udara dari pintu masuk gedung Konsulat Iran tersebut.

Dalam aksinya, para demonstran juga mencopot bendera Iran yang terpasang di gedung konsulat itu dan menggantinya dengan bendera nasional Irak.

Para demonstran berteriak "Kemenangan untuk Irak!" dan "Iran keluar!" saat meluapkan kemarahan pada negara yang dituduh menyokong pemerintahan yang diprotes para demonstran dalam aksi dua bulan terakhir.
Selanjutnya
Halaman
1 2