Kasihan! Seekor Rusa Liar Mati dengan Sampah Plastik 7 Kg di Perutnya

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 12:42 WIB
Sampah plastik 7 kg ditemukan di dalam perut rusa liar yang mati di Thailand (Office of Observation Area via CNN)
Sampah plastik 7 kg ditemukan di dalam perut rusa liar yang mati di Thailand (Office of Observation Area via CNN)
Bangkok - Seekor rusa liar ditemukan mati setelah menelan sampah plastik seberat 7 kilogram di Thailand. Sampah-sampah plastik itu ditemukan di dalam perut rusa liar tersebut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (27/11/2019), kematian rusa liar ini semakin meningkatkan kewaspadaan soal limbah yang mengotori lautan dan hutan.

Diketahui bahwa Thailand merupakan salah satu negara pengguna plastik terbesar di dunia. Warga Thailand disebut menggunakan 3 ribu plastik sekali pakai setiap tahunnya, baik untuk membungkus makanan dari PKL, membungkus kopi yang dibawa pulang atau untuk membungkus makanan.


Binatang-binatang lautan seperti penyu dan dugong atau duyung mati di dalam perairan yang dipenuhi limbah. Hasil autopsi menyatakan sampah plastik di dalam perut binatang laut itu berkontribusi pada kematian binatang-binatang itu.

Kini, sampah plastik mulai berdampak pada binatang di daratan Thailand.

Otoritas setempat menyebut bahwa seekor rusa liar yang berusia 10 tahun ini mati di sebuah taman nasional di Provinsi Nan, yang berjarak 630 kilometer sebelah utara ibu kota Bangkok.

Sampah plastik 7 kg ditemukan di dalam perut rusa liar yang mati di ThailandSampah plastik 7 kg ditemukan di dalam perut rusa liar yang mati di Thailand Foto: Office of Observation Area via CNN

Selanjutnya
Halaman
1 2