Korban Gempa Albania Terus Bertambah, 18 Orang Tewas

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 03:05 WIB
Foto: AP Photo
Tirana - Petugas terus melakukan evakuasi reruntuhan gedung akibat gempa di Albania. Setidaknya 18 korban ditemukan tewas akibat gempa.

Ratusan warga dilaporkan terluka akibat gempa yang terjadi Selasa (26/11). Gempa yang mengguncang Albania tersebut berkekuatan magnitudo 6,4.


Salah seorang warga, Dulejman Kolaveri mengatakan ibu dan keponakannya terjebak di apartemen yang ambruk. Kolaveri khawatir atas keselamatan keluarganya tersebut.

"Saya tidak tahu apakah mereka hidup atau mati. Saya khawatir...hanya Tuhan yang tahu," tuturnya kepada AFP, Rabu (27/11/2019).

18 orang yang tewas ditemukan pada sore hari. Kebanyakan korban ditemukan di Durres, salah satu destinasi wisata.


Sebanyak 42 orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan bangunan gempa. Warga menyambut dengan gembira setiap petugas berhasil menyelamatkan nyawa warga.

Getaran akibat gempa ini bisa dirasakan di sepanjang Semenanjung Balkan, mulai dari Sarajevo di Bosnia hingga ke kota Novi Sad di Serbia yang berjarak 700 kilometer jauhnya. Gempa bumi M 6,4 ini diikuti oleh sejumlah gempa susulan, yang salah satunya berkekuatan M 5,3. Otoritas Albania menyebut gempa ini sebagai yang terkuat dalam 20-30 tahun terakhir.

(fdu/fdu)