Korban Tewas Gempa Albania Jadi 14 Orang, 600 Lainnya Luka-luka

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 18:56 WIB
Petugas penyelamat menyisir reruntuhan bangunan untuk mencari korban yang terjebak (AP Photo/Visar Kryeziu)
Petugas penyelamat menyisir reruntuhan bangunan untuk mencari korban yang terjebak (AP Photo/Visar Kryeziu)
Tirana - Petugas penyelamat di Albania, Eropa bagian tenggara, terus menyisir reruntuhan bangunan yang ambruk akibat gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,4 yang mengguncang Selasa (26/11) pagi. Jumlah korban tewas bertambah menjadi 14 orang.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Selasa (26/11/2019), warga yang panik di ibu kota Tirana berlarian ke jalan dan memilih bertahan di area terbuka di tengah kegelapan. Kerusakan paling parah terjadi di kota tepi pantai Durres. Sebuah hotel ambruk dan beberapa gedung lainnya rusak di kota tersebut.

Kementerian Pertahanan Albania menyebut tujuh jenazah dievakuasi dari puing-puing bangunan di kota Durres. Lima orang lainnya ditemukan tewas tertimbun reruntuhan gedung apartemen yang ambruk di kota Thumane.


Di kota Kurbin, seorang pria yang berusia 50-an tahun tewas setelah nekat melompat dari gedung tempat tinggalnya karena panik saat getaran kuat akibat gempa mengguncang. Satu orang lainnya tewas dalam kecelakaan mobil di Lezha yang terjadi setelah gempa bumi memicu retakan besar di jalanan setempat.

Data dari Pusat Seismologi Eropa-Mediterania menyebut gempa berkekuatan M 6,4 ini mengguncang pada Selasa (26/11) dini hari, sekitar pukul 03.54 waktu setempat. Pusat gempa ada di Laut Adriatik atau di titik berjarak 34 kilometer sebelah barat laut ibu kota Tirana. Laut Adriatik memisahkan Semenanjung Italia dengan Semenanjung Balkan.

Kementerian Kesehatan Albania menyebut lebih dari 600 orang mendapatkan perawatan medis di rumah-rumah sakit setempat.

Sebuah buldoser dikerahkan untuk menyisir reruntuhan bangunan yang ambruk akibat gempaSebuah buldoser dikerahkan untuk menyisir reruntuhan bangunan yang ambruk akibat gempa Foto: AP Photo/Hektor Pustina

Selanjutnya
Halaman
1 2