Gempa M 6,4 Guncang Albania, 6 Orang Tewas dan 300 Lainnya Luka

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 15:17 WIB
Sebuah mobil tertimpa reruntuhan gedung yang ambruk akibat gempa di Albania (AP Photo)
Sebuah mobil tertimpa reruntuhan gedung yang ambruk akibat gempa di Albania (AP Photo)
Tirana - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,4 mengguncang wilayah Albania, Eropa bagian tenggara. Sedikitnya enam orang tewas dan 300 orang lainnya mengalami luka-luka, dengan sejumlah gedung dilaporkan ambruk akibat gempa kuat.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Selasa (26/11/2019), Survei Geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS melaporkan bahwa gempa bumi ini berpusat di titik berjarak 30 Km sebelah barat laut ibu kota Tirana. Pusat gempa dilaporkan berada di kedalaman 20 Km dari permukaan Bumi.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Albania, Albana Qehajaj, menyatakan dua jasad dievakuasi keluar dari sebuah gedung yang ambruk di kota tepi pantai, Durres, yang berjarak 33 Km sebelah barat Tirana. Satu orang lainnya ditemukan tewas di gedung yang sama pada pagi harinya.


Dua jasad lainnya, seorang pria dan seorang wanita, dievakuasi dari reruntuhan sebuah gedung yang ambruk di Thumane, 36 Km sebelah utara kota Tirana.

Satu orang dilaporkan tewas di wilayah Kurbin, sekitar 50 Km sebelah utara Tirana, setelah nekat melompat dari rumahnya karena panik saat merasakan getaran kuat akibat gempa bumi yang mengguncang pada Selasa (26/11) pagi, sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

Para petugas penyelamat hingga kini masih berupaya untuk mengevakuasi orang-orang yang terjebak di reruntuhan gedung. Getaran gempa ini dirasakan di sepanjang pantai Albania.

Sebuah gedung di Albania ambruk akibat gempa M 6,4Sebuah gedung di Albania ambruk akibat gempa M 6,4 Foto: AP Photo/Hektor Pustina

Selanjutnya
Halaman
1 2