143 Demonstran Iran Tewas dalam Aksi Memprotes Kenaikan BBM

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 14:26 WIB
Sebuah pom bensin di Teheran rusak parah usai diserang dan dibakar demonstran yang memprotes kenaikan harga BBM (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Teheran - Amnesty International melaporkan bahwa sedikitnya 143 demonstran tewas dalam unjuk rasa memprotes kenaikan harga BBM yang berlangsung di berbagai wilayah Iran sejak 15 November lalu. Jumlah tersebut diperkirakan masih bertambah.

"Menurut laporan-laporan yang kredibel... yang tewas (dalam unjuk rasa) sedikitnya 143 orang," sebut Amnesty International yang berkantor di London, Inggris, dalam pernyataan seperti dilansir AFP, Selasa (26/11/2019).

"Kematian-kematian itu hampir seluruhnya diakibatkan oleh penggunaan senjata api," imbuh Amnesty International.


Disebutkan Amnesty International bahwa satu demonstran tewas setelah menghirup gas air mata yang ditembakkan pasukan keamanan Iran. Satu demonstran lainnya dilaporkan tewas akibat dipukuli.

Amnesty International meyakini bahwa jumlah korban tewas jauh lebih tinggi dan masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Pekan lalu, Amnesty International menyebut jumlah korban tewas dalam unjuk rasa di Iran mencapai lebih dari 100 orang.
Selanjutnya
Halaman
1 2