Tentara Filipina Selamatkan Pasutri yang Disandera Abu Sayyaf Hampir 2 Bulan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 15:50 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Basith Subastian
Foto: Ilustrasi oleh Basith Subastian
Manila - Tentara-tentara Filipina menyelamatkan seorang pria Inggris dan istrinya yang telah disandera kelompok radikal Abu Sayyaf selama hampir dua bulan. Pasangan suami istri (pasutri) itu diculik dari resor wisata di Filipina selatan.

Pasukan Filipina menemukan pasangan tersebut setelah baku tembak dengan para pria bersenjata dari kelompok Abu Sayyaf di Pulau Jolo, Filipina selatan, yang merupakan basis kelompok yang terkenal sering menculik untuk meminta uang tebusan tersebut.

"Ada baku tembak singkat, namun mereka kemudian meninggalkan pasangan tersebut setelah kewalahan dengan pasukan pemerintah yang mengejar," kata pejabat militer, Letnan Jenderal Cirilito Sobejana seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (25/11/2019).


Dikatakannya, pasutri tersebut tidak terluka dalam insiden itu.

Menurut juru bicara militer wilayah setempat, Arvin Encinas, tak ada uang tebusan yang dibayarkan untuk pasutri tersebut.

Kedutaan Inggris di Manila, Filipina mengonfirmasi penyelamatan Alan dan Wilma Hyrons. "Kami menyampaikan terima kasih kami kepada pemerintah dan otoritas Filipina," demikian disampaikan kedutaan dalam sebuah statemen.
Selanjutnya
Halaman
1 2