3 Polisi Kolombia Tewas dalam Serangan di Kantor Polisi, 7 Orang Luka

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 13:39 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Bogota - Tiga polisi tewas dalam serangan ke sebuah kantor polisi di wilayah Kolombia barat daya. Tujuh orang lainnya luka-luka dalam serangan tersebut.

"Itu serangan ke kantor polisi dengan silinder-silinder diletakkan di jalan, yang sayangnya menyebabkan tiga orang tewas dan tujuh terluka saat ini," kata sekretaris kota Jaime Asprilla, merujuk pada penggunaan tangki gas peledak, seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (23/11/2019).


Asprilla mengaitkan kekerasan itu dengan kelompok-kelompok bersenjata yang beroperasi di wilayah Cauca yang bermasalah, dan bukan karena aksi-aksi protes yang berkelanjutan terhadap Presiden Ivan Duque.

Diketahui bahwa para pembangkang dari mantan gerakan gerilyawan FARC yang menolak perjanjian damai 2016, serta pemberontak terakhir Tentara Pembebasan Nasional (ELN), dan geng-geng penyelundup narkotika, hingga saat ini terus berjuang untuk menguasai Cauca.


Wilayah ini, yang merupakan pusat pembunuhan yang ditargetkan, memiliki perkebunan narkoba yang luas dan merupakan rute narkotika yang strategis ke Amerika Serikat.

(ita/ita)