detikNews
Selasa 19 November 2019, 10:59 WIB

15 Orang Tewas Akibat Ledakan di Tambang Batu Bara China

Rita Uli Hutapea - detikNews
15 Orang Tewas Akibat Ledakan di Tambang Batu Bara China ilustrasi (Foto: REUTERS/Ivan Alvarado)
Beijing - Sedikitnya 15 orang tewas akibat ledakan di sebuah tambang batu bara di provinsi Shanxi, China utara.

Kantor berita resmi China, Xinhua melaporkan seperti dilansir AFP, Selasa (19/11/2019), sembilan orang lainnya luka-luka akibat ledakan gas yang terjadi di areal tambang pada Senin (18/11) sore waktu setempat itu. Tambang batu bara tersebut adalah milik perusahaan Shangxi Pingyao Fengyan Coal & Coke Group Co.


Xinhua melaporkan bahwa 35 pekerja tambang tengah bekerja di areal bawah tanah itu ketika ledakan tersebut terjadi. Sebanyak 11 penambang berhasil menyelamatkan diri.

Para penambang yang terluka dalam insiden ini dilaporkan dalam kondisi stabil di rumah sakit. Xinhua melaporkan bahwa otoritas tengah menyelidiki ledakan tersebut.

Kecelakaan pertambangan di China kerap terjadi. Dalam pertemuan pekan lalu, Dewan Negara -- kabinet China -- memerintahkan "operasi khusus terhadap isu-isu keselamatan terkait produksi untuk lebih meningkatkan keselamatan di tempat kerja".


Sebelumnya pada Desember 2018, tujuh pekerja tambang tewas dalam kecelakaan pertambangan di Chongqing. Pada Oktober 2018, 21 penambang tewas di provinsi Shandong setelah tekanan di dalam tambang menyebabkan bebatuan retak dan ambruk hingga menimbun terowongan dan membuat para penambang terjebak di dalamnya. Hanya satu penambang yang berhasil diselamatkan.




Tonton juga video Tambang di Gunung Sariak Padang Longsor, 2 Pekerja Tertimbun:

[Gambas:Video 20detik]




(ita/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com