detikNews
2019/11/18 15:57:43 WIB

Paus Fransiskus Akan Kunjungi Nagasaki-Hiroshima dalam Misi Anti-Nuklir

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Paus Fransiskus Akan Kunjungi Nagasaki-Hiroshima dalam Misi Anti-Nuklir Paus Fransiskus (REUTERS/Yara Nardi)
Vatican City - Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, akan mengunjungi Jepang pekan ini dalam misi anti-senjata nuklir. Dalam kunjungannya, Paus Fransiskus akan mendatangi langsung lokasi-lokasi serangan bom atom saat Perang Dunia II sekitar 75 tahun lalu.

Seperti dilansir AFP, Senin (18/11/2019), Paus Fransiskus yang berusia 82 tahun ini, akan terbang ke Asia pada Selasa (19/10) waktu setempat. Paus Fransiskus akan tiba di Thailand pada Rabu (20/11), baru kemudian melanjutkan penerbangan ke Jepang pada Sabtu (23/11) nanti.

Saat berada di Jepang, Paus Fransiskus akan mengunjungi langsung kota Nagasaki dan Hiroshima yang hancur akibat serangan nuklir yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) saat PD II lalu. Paus Fransiskus akan berada di Jepang hingga 26 November mendatang.


Meskipun Thailand dan Jepang memiliki populasi Katolik kurang dari 0,6 persen, Paus Fransiskus diketahui sangat ingin mengelar dialog antaragama.

Kunjungan ke Nagasaki dan Hiroshima dijadwalkan akan digelar pada Minggu (24/11) waktu setempat.

Diketahui bahwa sedikitnya 74 ribu orang tewas akibat serangan bom atom di Nagasaki dan 140 ribu orang tewas di Hiroshima. Pengeboman pada 6 Agustus dan 9 Agustus 1945 silam berkontribusi pada penyerahan diri Jepang dan berujung pada berakhirnya Perang Dunia II.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com