detikNews
2019/11/18 12:25:31 WIB

Gajah Osama bin Laden Mati Usai Ditangkap karena Tewaskan 5 Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gajah Osama bin Laden Mati Usai Ditangkap karena Tewaskan 5 Orang Gajah 'Laden' saat hendak dievakuasi usai ditenangkan dengan obat bius (Biju BORO/AFP)
New Delhi - Seekor gajah liar di India yang diberi nama Osama bin Laden, ditemukan mati dalam kurungan. Gajah jantan ini ditangkap setelah menewaskan lima warga setempat pada bulan lalu.

Seperti dilansir AFP, Senin (18/11/2019), gajah liar yang dipanggil 'Laden' ini sebelumnya dilacak selama berhari-hari oleh otoritas kehutanan setempat dan akhirnya ditembak obat bius. Gajah liar itu diburu besar-besaran setelah menewaskan lima warga desa di Goalpara, Assam pada Oktober lalu.


Setelah ditangkap, gajah yang namanya sama dengan pemimpin Al-Qaeda yang telah tewas itu, dibawa ke kawasan Taman nasional Orang Assam untuk diamankan. Di kawasan taman nasional itu, gajah liar tersebut rencanakan akan diajari untuk berpatroli di taman satwa liar dan area suaka di wilayah Assam. Namun pada Minggu (17/11) waktu setempat, gajah liar itu mati tiba-tiba.

"Binatang itu berperilaku normal. Namun kakinya tetap dirantai agar tidak kabur," tutur seorang penjaga taman nasional itu yang enggan disebut namanya kepada AFP.

Bangkai gajah 'Laden' saat diukur usai mati pada Minggu (17/11) waktu setempatBangkai gajah 'Laden' saat diukur usai mati pada Minggu (17/11) waktu setempat Foto: STR/AFP

Menurut penjaga taman nasional itu, sang gajah mati pada Minggu (17/11) pagi sekitar pukul 05.00 waktu setempat. Penyebab kematian gajah itu tidak jelas.

Seorang pejabat senior setempat menyatakan bahwa pemerintahan wilayah Assam telah mengerahkan sebuah tim dokter hewan untuk melakukan autopsi terhadap bangkai gajah itu guna mencari tahu penyebab kematiannya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com