Wisatawan Diserang Harimau, BKSDA Sumsel Minta Warga Waspada

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 17 Nov 2019 12:02 WIB
Foto: Ilustrasi Harimau (Nfadils/d'Traveler)
Palembang - Seekor harimau menerkam wisatawan saat berlibur di kawasan wisata Tugu Rimau, Gunung Dempo Pagaralam, Sumatera Selatan. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sumatera Selatan meminta warga waspada.

"Dengan adanya kejadian kemarin kami harap warga menghindari lokasi kejadian untuk sementara waktu. Kalaupun tetap beraktifitas harus hati-hati," kata Kepala BKSDA Sumsel, Genman Hasibuan saat dikonfirmasi, Minggu (17/11/2019).

Dikatakan Genman, pihaknya juga saat ini tengah meminta petugas berjaga di lokasi. Salah satunya untuk menghindari terjadi konflik dan perburuan liar.

"Saya sudah minta petugas turun untuk memantau lokasi dan berjaga-jaga. Kita harus tetap waspada dari perburuan liar dan agar tidak ada konflik," katanya.




Diakui Genman, lokasi kejadian memang tidak jauh dari kawasan hutan lindung Gunung Dempo. Bahkan disebut sebagai 'rumah harimau'.

"Itu memang kawasan hutan lindung ya. Itu rumah harimau dan jelajahnya ada di sana, tapi memang selama ini kami pun belum pernah lihat langsung sejak dari 3 tahun terkahir," katanya.


Atas peristiwa itu, BKSDA akan segera memasang kamera trap. Hal ini untuk mengetahui jenis dan usia harimau itu.

Untuk diketahui, seorang wisatawan di kawasan wisata Tugu Rimau, Gunung Dempo, Jumat (15/11) diterkam geger diterkam harimau. Akibat kejadian itu, korban bernama Irfan mengalami luka serius di pelipis setelah diterkam harimau.


Saat kejadian, Irfan yang berasal dari Sekayu disebut sedang berlibur dengan kelima temannya. Dua tendanya rusak dan Irfan dilarikan ke rumah sakit. (ras/fdu)