detikNews
2019/11/16 11:52:14 WIB

Turki Usir 50 Ribu Migran dari Istanbul, Termasuk 6 Ribu Warga Suriah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Turki Usir 50 Ribu Migran dari Istanbul, Termasuk 6 Ribu Warga Suriah para pengungsi Suriah di Turki (Foto: DW (News))
Istanbul - Otoritas Turki telah mengusir nyaris 50 ribu migran dari kota Istanbul, termasuk lebih dari 6 ribu warga Suriah. Pengusiran itu dilakukan sejak Juli tahun ini saat dimulainya operasi penangkapan para imigran ilegal.

Kantor gubernur Istanbul menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (16/11/2019), sebanyak 42.888 migran ilegal telah ditangkap dan dikirimkan ke pusat-pusat repatriasi untuk dikeluarkan dari Turki. Tidak disebutkan kewarganegaraan para migran ilegal tersebut.

Kantor gubernur Istanbul menyebutkan bahwa dari jumlah itu, sebanyak 6.416 warga Suriah telah ditempatkan di "pusat-pusat pengungsi sementara".



Kampanye yang dilakukan dari Juli hingga akhir Oktober itu dimaksudkan untuk mengurangi jumlah pengungsi tak terdaftar di Istanbul, yang merupakan kota terbesar Turki dan pusat ekonomi.

Turki menampung sekitar 3,6 juta pengungsi Suriah -- lebih banyak dari negara manapun juga -- meski secara teknis mereka hanya berada di bawah "perlindungan sementara" karena pemerintah Turki tidak menawarkan status pengungsi resmi kepada mereka.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com