Korut Sebut Kandidat Capres AS Joe Biden 'Anjing Gila'

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 18:49 WIB
Joe Biden (BIDEN CAMPAIGN HANDOUT via REUTERS)
Joe Biden (BIDEN CAMPAIGN HANDOUT via REUTERS)

Narasi pada iklan itu menyebut kata 'tiran' tepat saat ditampilkan foto Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-Un sedang berjabat tangan saat pertemuan bersejarah di Singapura tahun lalu.

Dalam laporannya, KCNA tampaknya mengutip kata hinaan yang menjadi favorit Trump untuk Biden, yakni 'Sleepy Joe'. Tidak hanya itu, KCNA juga menyebut Biden menunjukkan 'tanda-tanda tahap akhir demensia'.

"Tampaknya waktu telah datang baginya untuk meninggalkan hidupnya," sebut KCNA dalam artikelnya. KCNA salah menulis nama Biden sebagai 'Baiden' dalam artikelnya yang diduga dipicu oleh ejaan dalam alfabet Korea.


Ini bukan pertama kalinya Korut menghina Biden. Pada Mei lalu, Korut menyebut Biden sebagai 'dungu' dan 'orang bodoh dengan IQ rendah' setelah mantan Senator AS itu menyebut Kim Jong-Un sebagai seorang diktator dan tiran.

Peneliti senior pada Sejong Institute, Cheong Seong-Chang, menyebut retorika Korut itu menunjukkan 'ketidaksabaran' terhadap setiap kritikan untuk Kim Jong-Un. "Pyongyang selalu benci mendengar pemimpinnya dicap sebagai tiran atau diktator oleh dunia luar," sebut Cheong dalam analisisnya.

Halaman

(nvc/dhn)