detikNews
2019/11/13 04:38:51 WIB

Italia Diguyur Badai Lebat, Venesia Pun Banjir

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Italia Diguyur Badai Lebat, Venesia Pun Banjir Foto: AP Photo/Luca Bruno
Roma - Badai hujan lebat mengguyur melanda sejumlah daerah di Italia. Wilayah selatan dan Venesia jadi daerah terkena dampak paling parah.

Dilansir AFP, Rabu (13/11/2019), Lapangan Santo Markus di Venesia yang terkenal terendam air karena 'acqua alta' yang sangat kuat, atau tergenang imbas gelombang pasang. Ketinggian air di kota kanal itu diperkirakan mencapai 1,4 meter.


Alun-alun ini sangat dipengaruhi oleh pasang naik, karena terletak di salah satu bagian terendah kota. Ruang depan basilika juga dibanjiri air dan pihak berwenang berencana untuk mengawasi bangunan itu semalaman.

Anggota dewan Santo Markus, Pierpaolo Campostrini, mengatakan skala banjir pada Selasa (12/11) hanya terlihat lima kali dalam sejarah panjang basilika, tempat pembangunan dimulai pada 828 dan yang dibangun kembali setelah kebakaran pada 1063.

Yang paling mengkhawatirkan, menurutnya, tiga dari lima peristiwa itu terjadi dalam 20 tahun terakhir. Terakhir banjir cukup parah terjadi pada 2018. Pasang tertinggi yang tercatat di Venesia adalah pada tahun 1966, ketika air mencapai 1,9 meter.

Italia Diguyur Badai Lebat, Venesia Pun BanjirFoto: AP Photo/Luca Bruno



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com