detikNews
2019/11/12 14:31:23 WIB

Presiden Sri Lanka Ampuni Terpidana Mati Pembunuh Remaja, Publik Geram

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Presiden Sri Lanka Ampuni Terpidana Mati Pembunuh Remaja, Publik Geram Foto: Ilustrasi
Colombo - Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena telah memberikan pengampunan pada terpidana mati yang membunuh seorang remaja Swedia. Keputusan ini memicu kemarahan nasional.

Terpidana mati Jude Jayamaha yang berasal dari keluarga kaya ternama, bebas dari penjara pada Sabtu (9/11) waktu setempat setelah Presiden Sirisena memberikan amnesti yang sangat tidak biasa pada pria itu. Pengampunan itu itu diberikan hanya sepekan sebelum dia meletakkan jabatannya usai pemilihan presiden di mana dia tidak menjadi kandidat.

Korban Yvonne Jonsson asal Swedia yang sedang berlibur di Sri Lanka, dipukuli hingga tewas di sebuah apartemen di Kolombo pada tahun 2005 setelah remaja putri itu dan Jayamaha bertengkar. Seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (12/11/2019), di persidangan terungkap bahwa tengkoraknya retak menjadi 64 bagian.

Jayamaha awalnya dijatuhi hukuman penjara 12 tahun. Namun dia mengajukan banding ke pengadilan tinggi yang menolak permohonan bandingnya dan malah menjatuhkan vonis mati. Vonis mati itu diperkuat oleh putusan Mahkamah Agung pada tahun 2014.




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com