detikNews
2019/11/11 17:25:52 WIB

Lebih dari 10 Ribu Orang Ikut Aksi Melawan Islamofobia di Prancis

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Lebih dari 10 Ribu Orang Ikut Aksi Melawan Islamofobia di Prancis Aksi massa melawan Islamofobia di Paris (AFP Photo/GEOFFROY VAN DER HASSELT)
Paris - Lebih dari 10 ribu orang turun ke jalanan Paris, Prancis untuk ikut aksi massa melawan Islamofobia. Aksi ini menyusul serangan ke sebuah masjid di wilayah Bayonne, Prancis bagian selatan, bulan lalu.

Seperti dilansir AFP, Senin (11/11/2019), dalam serangan yang terjadi bulan lalu, seorang pria berusia 84 tahun menembak dua pria hingga luka-luka saat hendak membakar sebuah masjid di Bayonne. Pria itu diketahui merupakan mantan aktivis sayap kanan jauh.

Kebanyakan orang yang ikut dalam aksi massa ini membawa poster yang isinya mengecam serangan terhadap Islam. Sejumlah wanita yang hadir tampak memakai cadar. Beberapa orang lainnya memakai cadar dengan warga biru, putih dan merah yang melambangkan bendera nasional Prancis.


Menurut penghitungan konsultan Occurence, sekitar 13.500 orang mengikuti aksi massa yang digelar pada Minggu (11/11) waktu setempat.

Aksi massa melawan Islamofobia ini diserukan oleh sejumlah individu dan organisasi setempat, termasuk kelompok bernama Collection against Islamofobia in France (CCIF). Aksi ini juga digelar di tengah perdebatan sengit soal cadar yang kembali mencuat di Prancis.

"Kami datang untuk menyampaikan peringatan, untuk mengatakan bahwa ada level kebencian tidak bisa Anda lewati," ucap salah satu warga yang ikut aksi, Larbi (35), kepada AFP. "Kami terbuka pada kritikan, tapi Anda tidak seharusnya melewati batas tertentu," imbuhnya.

Aksi massa melawan Islamofobia di ParisAksi massa melawan Islamofobia di Paris Foto: AFP Photo/GEOFFROY VAN DER HASSELT



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com