detikNews
2019/11/09 15:28:10 WIB

Ribuan Orang Doakan Mahasiswa Hong Kong yang Tewas Saat Bentrokan

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 3
Ribuan Orang Doakan Mahasiswa Hong Kong yang Tewas Saat Bentrokan Warga Hong Kong menyalakan lilin saat mendoakan mahasiswa yang tewas dalam bentrokan dengan polisi (AP Photo/Kin Cheung)
Hong Kong - Ribuan warga Hong Kong turun ke jalanan untuk menggelar doa bersama bagi mahasiswa yang tewas dalam bentrokan dengan polisi saat unjuk rasa antipemerintah. Kematian sang mahasiswa dikhawatirkan akan memicu gelombang kemarahan baru dari demonstran.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (9/11/2019), kronologi kejadian yang memicu kematian mahasiswa bernama Alex Chow (22) itu masih belum jelas dan dipersoalkan banyak pihak. Laporan menyebut dia terjatuh dari gedung parkir bertingkat dalam bentrokan antara demonstran dan polisi yang pecah pekan lalu.

Chow yang mahasiswa pada Hong Kong University of Science and Technology ini mengalami luka-luka dan sempat dirawat di rumah sakit, namun nyawanya tidak terselamatkan. Dia dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (8/11) pagi waktu setempat.


Kematian Chow diketahui merupakan kematian pertama dari kalangan mahasiswa yang menjadi barisan terdepan dalam unjuk rasa antipemerintah di Hong Kong yang terus berlanjut selama lima bulan terakhir. Para demonstran sendiri menjadikan kebrutalan polisi sebagai salah satu hal yang mereka protes.

Dalam acara doa bersama yang digelar pada Jumat (8/11) malam waktu setempat, ribuan orang mengantre selama berjam-jam demi meletakkan karangan bunga di lokasi jatuhnya Chow. Mereka juga menyalakan lilin dan menuliskan pesan duka cita di lokasi kejadian.

Warga menyalakan lilin, meletakkan karangan bunga dan pesan di lokasi Alex Chow terjatuh saat bentrokan sebelum akhirnya tewasWarga menyalakan lilin, meletakkan karangan bunga dan pesan di lokasi Alex Chow terjatuh saat bentrokan sebelum akhirnya tewas Foto: AP Photo/Kin Cheung

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com