detikNews
2019/11/09 12:10:32 WIB

Demonstran Chile Bakar Gedung Universitas dan Menjarah Gereja

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Demonstran Chile Bakar Gedung Universitas dan Menjarah Gereja Demonstran Chile melakukan pembakaran dalam aksinya (Martin BERNETTI/AFP)
Santiago - Para demonstran di Chile terus melanjutkan aksinya memprotes kesenjangan sosial dan ekonomi. Dalam aksi terbaru yang awalnya berlangsung damai, sejumlah demonstran membakar salah satu gedung universitas setempat dan menjarah sebuah gereja.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (9/11/2019), sejumlah saksi mata menyebut sejumlah demonstran bentrok dengan polisi yang memasang barikade untuk melindungi gedung Universitas Pedro de Valdivia. Dalam bentrokan itu, demonstran membakar gedung universitas yang berusia 100 tahun tersebut. Petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk menjalankan tugas mereka karena para demonstran.

Tak jauh dari lokasi pembakaran, beberapa demonstran yang memakai penutup kepala menjarah gereja La Asuncion yang dibangun sejak tahun 1876 silam. Para penjarah dengan nekat membawa keluar furnitur gereja dan membakarnya.


Puluhan ribu demonstran memenuhi area Plaza Italia di Santiago, yang selama beberapa waktu terakhir menjadi ground zero bagi unjuk rasa antipemerintah.

Unjuk rasa ini memprotes upah yang rendah, tingginya biaya pendidikan dan layanan kesehatan, serta sistem sosial-ekonomi yang dipandang lebih menguntungkan kalangan kaya. Unjuk rasa yang berujung bentrokan itu dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 20 orang sejak digelar pada 18 Oktober lalu.

Dalam aksinya, para demonstran juga menuntut pengunduran diri Presiden Chile Sebastian Pinera.

Polisi antihuru-hara bentrok dengan demonstran yang melakukan pembakaran di SantiagoPolisi antihuru-hara bentrok dengan demonstran yang melakukan pembakaran di Santiago Foto: JAVIER TORRES/AFP

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com