detikNews
2019/11/08 14:46:33 WIB

Las Vegas Bikin Larangan Tidur di Jalanan, Publik Geram

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Las Vegas Bikin Larangan Tidur di Jalanan, Publik Geram Ilustrasi (AFP Photo/JEWEL SAMAD)
Las Vegas - Aturan hukum kontroversial yang melarang orang-orang tidur di jalanan Las Vegas, Amerika Serikat (AS), memancing kemarahan publik. Aturan hukum ini diberlakukan seiring semakin bertambahnya jumlah gelandangan di kota tersebut.

Seperti dilansir AFP, Jumat (8/11/2019), aturan yang melarang orang-orang tidur di pinggir jalan ini memiliki ancaman hukuman denda US$ 1.000 (Rp 13,8 juta) dan ancaman hukuman enam bulan penjara bagi pelanggarnya. Aturan ini diloloskan parlemen setempat dalam voting pada Rabu (6/11) malam.

Usai diloloskan, aturan hukum tersebut mulai diberlakukan pada Minggu (10/11) nanti, namun ketentuan pidananya belum akan berlaku hingga Februari tahun 2020 mendatang.


Menurut aturan hukum tersebut, praktik tidur di jalanan merupakan tindakan ilegal hanya di area pusat kota Las Vegas dan di area permukiman, bukan di area Las Vegas Strip yang ramai kasino, yang berada di bawah yurisdiksi berbeda.

Disebutkan juga bahwa aturan tersebut tidak akan berlaku jika tempat penampungan gelandangan dalam kondisi penuh.

Publik yang menentang aturan itu melampiaskan kemarahan pada Wali Kota Las Vegas, Carolyn Goodman, sebelum dan sesudah voting digelar. Mereka berunjuk rasa di luar Gedung Balai Kota sambil berteriak 'Perumahan, bukan borgol' dan membawa poster bertuliskan 'Kemiskinan bukanlah tindak kriminal'.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com