detikNews
2019/11/08 09:48:05 WIB

AS Dakwa 3 Orang karena Mata-matai Pengguna Twtter yang Kritik Arab Saudi

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
AS Dakwa 3 Orang karena Mata-matai Pengguna Twtter yang Kritik Arab Saudi Ilustrasi (Reuters/Kacper Pempel)
San Francisco - Tiga orang yang terdiri dari dua warga Arab Saudi dan satu warga Amerika Serikat (AS), didakwa atas spionase di pengadilan federal San Francisco. Ketiganya diduga memata-matai pengguna Twitter yang kritis terhadap keluarga Kerajaan Saudi.

Seperti dilansir AFP, Jumat (8/11/2019), ketiganya diidentifikasi sebagai Ali Alzabarah (35), Ahmad Abouammo (41) dan Ahmed Almutairi (30). Alzabarah dan Almutairi merupakan warga Saudi dan Abouammo merupakan warga AS.

Dua terdakwa di antaranya, yakni Alzabarah dan Abouammo, diketahui merupakan mantan pegawai Twitter. Sedangkan Almutairi merupakan pegawai marketing yang terkait dengan keluarga Kerajaan Saudi.


Departemen Kehakiman AS menyebut ketiganya bekerja sama untuk membuka detail pemilik akun-akun yang dianggap membangkang, atas nama pemerintah Saudi dan keluarga Kerjaan Saudi.

Dokumen pengadilan AS menyebut bahwa ketiga terdakwa diarahkan oleh seorang pejabat Saudi yang tidak disebut namanya, yang bekerja untuk seseorang yang disebut jaksa AS sebagai 'Royal Family Member-1' atau 'Anggota Keluarga Kerajaan-1'.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com