detikNews
Jumat 08 November 2019, 01:15 WIB

Nikah Beda Kasta, Pasangan di India Dirajam Sampai Mati

Tim detikcom - detikNews
Nikah Beda Kasta, Pasangan di India Dirajam Sampai Mati Foto: Ilustrasi/Thinkstock
New Delhi - Seorang wanita India dirajam hingga mati oleh kerabatnya setelah menikah dengan lelaki di luar kastanya. Si wanita ini sebelumnya sempat kabur untuk menghindari hukuman karena pernikahannya.

Dikutip dari AFP, Jumat (8/11/2019), polisi mengatakan pasangan berusia 29 tahun itu berasal dari desa yang sama di negara bagian selatan Karnataka. Mereka menikah sekitar 3 tahun yang lalu dan tak direstui sebelum pindah ke Bangalore dan kota lainnya di wilayah tersebut. Pasangan itu mempunyai dua anak.


Namun, mereka kembali ke desa sebulan yang lalu. Mereka menemui keluarga.

"Mereka terlihat oleh penduduk desa pada Rabu yang memberi tahu saudara si wanita itu setelah dia mengumpulkan massa yang menyerang pasangan itu dan membunuhnya dengan cara melemparkan batu," kata petugas kepolisian setempat, Guru Shanth, kepada AFP.

"Tiga dari terdakwa utama telah diidentifikasi, termasuk saudara dan paman dari wanita," dia menambahkan.


Insiden ini adalah yang terbaru dari serangkaian 'pembunuhan demi kehormatan' yang merajalela di pedesaan tersebut. Itu biasanya dilakukan oleh kerabat dekat atau tetua desa untuk melindungi apa yang dilihat sebagai reputasi keluarga di dalam sistem kasta yang kaku.

Mahkamah Agung India pada 2011 memutuskan mereka yang dinyatakan bersalah atas pembunuhan semacam itu harus menghadapi hukuman mati.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com