detikNews
Kamis 07 November 2019, 04:01 WIB

Jaksa Chile Selidiki 14 Petugas Polisi yang Diduga Menyiksa Demonstran

Dwi Andayani - detikNews
Jaksa Chile Selidiki 14 Petugas Polisi yang Diduga Menyiksa Demonstran Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Seorang Jaksa penuntut di Chile akan meminta persetujuan pengadilan untuk penyelidikan terhadap 14 petugas polisi. Petugas polisi ini diduga telah menyiksa para demonstran pada saat kerusuhan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (7/11/2019) Jaksa penuntut untuk Santiago East Manual Guerra mengatakan penyelidikan dilakukan terhadap dua kasus yang berbeda. Kasus ini terjadi dalam kurun waktu sembilan hari pada saat keadaan darurat di Ibu Kota Santiago sejak 18 Oktober 2019.



Kasus yang melibatkan 12 petugas kepolisian yang diduga melakukan penganiayaan terdapat di Kota Nunoa. Sedangkan kasus kedua yang melibatkan dua orang petugas polisi berada di daerah La Florida, kedua polisi ini dituduh telah melakukan pemukulan kepada satu orang masa yang telah terborgol.

Disebutkan, tuduhan yang diberikan kepada petugas polisi di latar belakangi dengan kerusuhan massal dan penjarahan yang terjadi selama 20 hari. Tidak hanya itu, massa juga melakukan protes damai terkait ketidaksetaraan di Amerika Latin.



Jaksa Penuntut disebut sedang menyelidiki lebih dari 800 kasus tuduhan pelecehan. Selain pelecehan, dugaan kasus penyiksaan, pemerkosaan dan pemukulan yang dilakukan oleh petugas kepada demonstran juga dilaporkan.

Guerra mengatakan, akan meminta pengadilan melanjutkan penyelidikan mendalam atas dugaan pelanggaran dan melakukan penahanan terhadap 14 petugas tersebut. Menurutnya, kejahatan berupa penyiksaan dapat dijatuhi hukuman penjara antara lima hingga 10 tahun di Chile.



Presiden Chili Enggan Mundur, Pendemo Bentrok dengan Polisi:

[Gambas:Video 20detik]




(dwia/fdu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com