Media China Serukan Otoritas Lebih Keras terhadap Demonstran Hong Kong

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 11:28 WIB
Foto: Reuters
Beijing - Media pemerintah China menyerukan otoritas untuk mengambil sikap lebih keras terhadap para demonstran di Hong Kong. Seruan ini disampaikan setelah para demonstran merusak gedung kantor berita pemerintah China, Xinhua dan gedung-gedung lainnya pada akhir pekan lalu.

Dalam editorialnya seperti dilansir Reuters, Senin (4/11/2019), surat kabar China Daily yang disokong pemerintah China, mengkritik serangan-serangan "ceroboh" oleh para demonstran "naif", seraya menambahkan, "Mereka ditakdirkan untuk gagal karena kekerasan mereka akan berhadapan dengan beratnya hukum."

Pada Sabtu (2/11) waktu setempat, aparat polisi menembakkan gas air mata ke para demonstran berpakaian hitam-hitam dalam salah satu kekerasan terparah di Hong Kong dalam waktu hampir lima bulan ini. Sejumlah stasiun kereta bawah tanah dibakar dan gedung-gedung dirusak oleh massa demonstran, termasuk sebuah outlet kopi asal Amerika Serikat, Starbucks.


Media China lainnya, Global Times mengutuk aksi para demonstran terhadap Xinhua dan menyerukan tindakan oleh badan penegak hukum Hong Kong.
"Dikarenakan gambar simbolis Xinhua, perusakan cabangnya tidak hanya provokasi terhadap aturan hukum di Hong Kong, tetapi juga kepada pemerintah pusat dan China daratan, yang merupakan tujuan utama para perusuh," tulis media tersebut.
Selanjutnya
Halaman
1 2