detikNews
2019/10/30 14:15:23 WIB

Ratusan Koala Langka di Australia Dikhawatirkan Mati dalam Kebakaran Hutan

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ratusan Koala Langka di Australia Dikhawatirkan Mati dalam Kebakaran Hutan Ratusan ekor koala langka dikhawatirkan tewas dalam kebakaran hutan di AS (Koala Hospital Port Macquarie via Channel News Asia)
New South Wales - Ratusan koala langka dikhawatirkan mati dalam kebakaran hutan tak terkendali yang melanda kawasan pantai timur Australia. Hingga kini upaya pemadaman masih berlangsung.

Seperti dilansir AFP, Rabu (30/10/2019), kebakaran hutan yang terjadi di lokasi berjarak 200 kilometer sebelah utara Sydney ini diyakini dipicu oleh sambaran petir pada Sabtu (26/10) lalu ini. Hingga kini, kebakaran dilaporkan telah melalap area seluas lebih dari 2 ribu hektare.


Otoritas setempat dilaporkan berjuang untuk mengendalikan dan memadamkan kebakaran ini. Para petugas penyelamat satwa liar di wilayah New South Wales mengungkapkan kekhawatiran bagi populasi ratusan koala yang 'sangat langka' yang diketahui tinggal di area yang dilanda kebakaran hutan.

"Pentingnya koala-koala itu adalah mereka sangat beragam secara genetik," sebut Presiden Port Macquarie Koala Hospital, Sue Ashton, kepada AFP. Port Macquarie Koala Hospital fokus pada konservasi koala liar.

Ashton menyampaikan kekhawatiran bahwa 'ratusan' ekor koala yang ada di area pembiakan 'telah mati dalam kebakaran'. "Ini tragedi nasional karena populasi koala ini sangat unik," imbuhnya.

Praktik pembersihan lahan dan pembangunan terus-menerus berarti hilangnya habitat bagi koala-koala yang tinggal di pohon. Hal ini membawa pada kurangnya keterhubungan antar populasi, peningkatan perkawinan sedarah dan mengurangi keberagaman genetik pada koala-koala tersebut.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com