Jasad Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Dibuang ke Laut

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 09:50 WIB
Abu Bakr al-Baghdadi dalam video propaganda ISIS yang dirilis April 2019 (Islamic State Group/Al Furqan Media Network/Reuters TV via REUTERS)
Abu Bakr al-Baghdadi dalam video propaganda ISIS yang dirilis April 2019 (Islamic State Group/Al Furqan Media Network/Reuters TV via REUTERS)
Washington DC - Militer Amerika Serikat (AS) membuang jenazah pemimpin Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi, ke laut. Jenazah Baghdadi dilaporkan sempat menjalani tradisi pemakaman sesuai ajaran Islam sebelum dibuang.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (29/10/2019), Baghdadi dipastikan tewas setelah meledakkan diri usai terpojok oleh pasukan elite AS di sebuah terowongan bawah tanah dalam operasi di Suriah. Presiden AS Donald Trump dalam pernyataannya memastikan jasad Baghdadi termutilasi usai meledakkan diri.

Sejumlah pejabat AS yang enggan disebut namanya, yang dikutip Reuters, tidak mengungkapkan secara jelas lokasi 'pemakaman' Baghdadi tersebut dan berapa lama prosesi itu berlangsung. Dua pejabat AS hanya menyatakan keyakinannya bahwa jenazah Baghdadi dibawa ke lautan dengan sebuah pesawat.


Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley, menuturkan dalam konferensi pers di Pentagon bahwa militer AS membuang jenazah Baghdadi dengan sepatutnya.

"Dengan sepatutnya, sesuai dengan standar operasional prosedur kami dan sesuai dengan aturan hukum konflik bersenjata," tegas Jenderal Milley.

Merujuk pada kondisi mengerikan saat Baghdadi tewas, kecil kemungkinan bahwa militer AS menjalankan prosesi yang sama seperti yang dilakukan terhadap jenazah pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden, yang tewas di tangan Navy SEALs tahun 2011 di Pakistan.
Selanjutnya
Halaman
1 2