detikNews
2019/10/24 15:06:29 WIB

18 Orang Tewas dalam Kerusuhan, Ribuan Warga Chile Mogok Massal

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
18 Orang Tewas dalam Kerusuhan, Ribuan Warga Chile Mogok Massal Ribuan orang ikut dalam aksi massal di jalanan Santiago pada Rabu (23/10) waktu setempat (AP Photo/Rodrigo Abd)
Santiago - Ribuan warga Chile membanjiri jalanan ibu kota Santiago dan beberapa kota lainnya dalam aksi mogok massal. Aksi ini digelar beberapa hari setelah kerusuhan mematikan di negara tersebut menewaskan sedikitnya 18 orang.

Seperti dilansir AFP, Kamis (24/10/2019), aksi mogok massal ini diikuti para mahasiswa, profesor dan pegawai pemerintahan pada Rabu (23/10) waktu setempat. Mereka mengabaikan seruan Presiden Chile Sebastien Pinera untuk meredakan kekerasan.

"AKSI MOGOK DIMULAI! Kami mengatakannya dengan lantang dan jelas: cukup sudah kenaikan-kenaikan dan penyelewengan," tegas Workers' United Center of Chile, yang menggelar aksi selama dua hari bersama 20 kelompok lainnya.


Di ibu kota Santiago, polisi mengerahkan sejumlah meriam air untuk membubarkan massa.

"Chile telah bangkit," demikian bunyi salah satu poster yang dibawa demonstran.

Slogan ini populer sejak aksi demo besar-besaran memprotes penderitaan sosial dan ekonomi di Chile digelar pekan lalu. Aksi itu juga memprotes kesenjangan yang besar antara si kaya dan si miskin.

Meriam air dikerahkan untuk membubarkan demonstran di Santiago, ChileMeriam air dikerahkan untuk membubarkan demonstran di Santiago, Chile Foto: REUTERS/Ivan Alvarado



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com