detikNews
Kamis 24 Oktober 2019, 03:32 WIB

Paus Fransiskus Minta Demo Rusuh di Chile Diakhiri

Ibnu Hariyanto - detikNews
Paus Fransiskus Minta Demo Rusuh di Chile Diakhiri Foto Paus Fransiskus/BBC World
Chile - Demo rusuh di Chile selama beberapa hari ini belakangan ini menyebabkan 18 orang tewas. Salah satu korban merupakan bocah berusia empat tahun.

Dilansir AFP, Rabu (23/10/2019), Wakil Menteri Dalam Negeri Rodrigo Ubilla mengatakan bocah tersebut terbunuh bersama lelaki dewasa ketika seorang pengemudi mabuk menabrak kerumunan demonstran. Lainnya tewas karena luka-luka akibat pemukulan oleh polisi.

Atas peristiwa tersebut, Paus Fransiskus menyerukan dialog dan mengakhiri kekerasan di Chile. Kekerasan itu terjadi akibat ketidaksetaraan ekonomi yang melanda negara itu.

"Saya mengikuti apa yang terjadi di Chile dengan keprihatinan," kata Paus Fransiskus dalam audiensi umum mingguan di Lapangan Santo Petrus.


"Saya berharap demonstrasi kekerasan ini dapat diakhiri dengan dialog untuk mencari solusi atas krisis dan kesulitan yang menjadi akar permasalahan," imbuh dia.

Kekerasan, penjarahan hingga pembakaran yang terjadi di Chile itu adalah yang terburuk sejak kembali ke demokrasi setelah kediktatoran sayap kanan 1973-1990.

Presiden Chile Sebastian Pinera pada Selasa (22/1) telah mengumumkan paket langkah-langkah sosial yang bertujuan membendung protes. Kebijakan itu salah satunya terkait tarif transportasi.


Masyarakat dengan cepat bergerak protes lebih luas terhadap kesengsaraan sosial dan ekonomi, termasuk kesenjangan menganga antara kaya dan miskin. Padahal Chile kerap dianggap sebagai salah satu negara yang paling stabil di Amerika Latin.

Lembaga HAM Chile mengatakan lebih dari 200 orang telah dibawa ke rumah sakit, hampir setengahnya dengan luka tembak, sementara banyak lainnya menderita luka mata akibat peluru bulat. Sejak kerusuhan dimulai, lebih dari 2.600 orang telah ditahan.



Tonton juga video Cium Kaki Presiden Sudan Selatan, Paus Minta Jaga Perdamaian:

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/tsa)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com