Pria Asal Suriah Nekat Bakar Diri di Depan UNHCR Swiss

Pria Asal Suriah Nekat Bakar Diri di Depan UNHCR Swiss

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 23 Okt 2019 19:00 WIB
Sisi samping markas utama UNHCR di Jenewa, Swiss (REUTERS/Marina Depetris)
Sisi samping markas utama UNHCR di Jenewa, Swiss (REUTERS/Marina Depetris)
Jenewa - Seorang pria Kurdi asal Suriah dilaporkan nekat melakukan aksi bakar diri di luar markas utama Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) atau UNHCR di Jenewa, Swiss. Aksi pria berusia 30-an tahun ini terjadi saat militer Turki tengah melancarkan operasi militer terhadap milisi Kurdi di Suriah.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (23/10/2019), pria yang tidak disebutkan identitasnya itu diketahui sebagai warga Kurdi Suriah yang kini tinggal di Jerman. Kepolisian Jenewa menerangkan, api yang membakar tubuh pria itu berhasil dipadamkan. Dia kemudian diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter dan tengah menjalani perawatan medis di unit khusus luka bakar pada sebuah rumah sakit di Lausanne.


Tidak dijelaskan lebih lanjut kondisi pria tersebut. Motifnya melakukan aksi bakar diri ini juga belum jelas.

"Merujuk pada kondisinya, sungguh tidak mungkin untuk menanyainya soal motifnya, tapi kami mengira aksi itu terkait situasi politik," sebut juru bicara Kepolisian Jenewa, Silvain Guillaume-Gentil, dalam pernyataannya.


Diketahui bahwa pasukan militer Turki meluncurkan gempuran udara ke wilayah Suriah bagian utara sejak 9 Oktober lalu, untuk mengusir milisi Kurdi di sana dari wilayah sepanjang perbatasan kedua negara. Pada Selasa (22/10) waktu setempat, otoritas Turki dan Rusia menyepakati penarikan pasukan milisi Kurdi Suriah atau yang disebut YPG dari seluruh wilayah perbatasan Suriah sebelah timur laut dengan Turki.

"Kami sedih dan terkejut (soal) insiden bakar diri yang terjadi di depan kantor kami di Jenewa pagi ini," ucap juru bicara Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Andrej Mahecic, dalam pernyataannya.
Selanjutnya
Halaman
1 2