detikNews
Sabtu 19 Oktober 2019, 14:19 WIB

Indonesia Tegaskan Komitmennya Untuk Pembangunan di Afrika

Rita Uli Hutapea - detikNews
Indonesia Tegaskan Komitmennya Untuk Pembangunan di Afrika Foto: KBRI Roma
Jakarta - Di sela-sela penyelenggaraan Blue Sea Land Expo of Mediterranean, Africa and Middle Eastern Clusters di Mazara del Vallo, Sisilia, Italia (18/10) juga diselenggarakan diskusi tematik mengenai "Focus on Africa". Sesi ini menjadi perhatian khusus dalam penyelenggaraan Blue Sea Land mengingat, salah satu kebijakan luar negeri Italia adalah meningkatkan pembangunan dan ekonomi Afrika. Diskusi tematik ini dihadiri oleh Pemerintah Italia, korps diplomatik, think tank, korps diplomatik, maupun komunitas bisnis dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

KBRI Roma dalam rilis persnya, Sabtu (19/10/2019) menyebutkan, pada kesempatan ini, Wakil Kepala Perwakilan RI di Roma, J.S. George Lantu, menyampaikan komitmen Indonesia sebagai mitra pembangunan negara-negara di Afrika "Afrika selalu memiliki tempat yang spesial di hati Indonesia. Indonesia siap untuk membangun kerja sama dengan negara-negara Afrika, khususnya di sektor perikanan dan blue economy". Indonesia adalah satu-satunya negara di luar kawasan Afrika yang diundang pada sesi tersebut.

Dengan berkembangnya kawasan Afrika sebagai sumber keamanan pangan, energi dunia dan wilayah yang memiliki pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia, kerja sama Indonesia dan Afrika memiliki nilai penting.

Sejak empat tahun terakhir, Indonesia telah melaksanakan beberapa inisiatif guna mendorong kerja sama yang lebih intensif antara Indonesia dan Afrika, antara lain Peringatan Konferensi Asia Afrika 2015, Indonesia-Africa Forum 2018, Indonesia-Africa Maritime Dialogue (IAMD) 2018, dan Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue 2019. Kegiatan tersebut telah menghasilkan sejumlah kesepakatan bisnis bernilai ratusan juta dolar dan kerja sama di bidang industri strategis, infrastruktur, Kerja Sama Selatan-Selatan, serta kerja sama di bidang pendidikan dan pembangunan kapasitas.

Hadir sebagai pembicara kunci dalam seminar tersebut ialah Duta Besar Italia untuk Tunisia, Lorenzo Fanara, yang mengangkat kerja sama Italia dan Tunisia di bidang blue economy dan kebudayaan sebagai model kerja sama yang dapat dibangun antara negara-negara di kawasan Mediterania. Sementara itu, Dirjen Isu-Isu Global Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia, Luca Sabatucci bertindak sebagai moderator diskusi.

Para penanggap adalah Duta Besar dan pejabat kementerian terkait dari Pantai Gading, Ghana, Kenya, Somalia, Afrika Selatan, Burkina Faso, Maroko, dan Tunisia yang turut hadir dan menyampaikan kesiapannya untuk mengembangkan kerja sama di bidang infrastruktur industri perikanan dan pemberdayaan masyarakat pesisir.

Blue Sea Land Expo berlangsung dari tanggal 17 sampai 19 Oktober 2019. Selain memberikan paparan dalam sesi khusus terkait Afrika, Indonesia juga akan berbicara mengenai peran aktifnya di IORA, termasuk mengenai potensi kerja sama dengan negara-negara di kawasan Mediterania, dan berpartisipasi di dalam pameran potensi kelautan dan pariwisata Indonesia.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com