detikNews
2019/10/17 17:43:27 WIB

2 Militan Belgia Kabur dari Penjara Suriah Usai Serangan Udara Turki

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
2 Militan Belgia Kabur dari Penjara Suriah Usai Serangan Udara Turki Kepulan asap pekat membubung ke udara dari kota Ras al-Ain di perbatasan Suriah usai gempuran militer Turki (REUTERS/Stoyan Nenov)
Brussels - Dua militan asal Belgia dilaporkan berhasil melarikan diri dari penjara tempat mereka ditahan di Suriah bagian timur laut. Keduanya kabur setelah militer Turki melancarkan gempuran udara terhadap milisi Kurdi di kawasan tersebut.

Seperti dilansir AFP, Kamis (17/10/2019), kedua militan itu dilaporkan ditahan penjara yang dikelola dan dijaga oleh milisi Kurdi di wilayah Suriah.


Informasi soal kaburnya dua militan Belgia itu diungkapkan oleh Kepala Badan Antiteroris Nasional Belgia, OCAM, Paul Van Tigchelt saat memberikan briefing dalam sesi tertutup kepada komisi parlemen Belgia. Dua anggota parlemen Belgia mengungkapkan informasi kepada wartawan setempat.

"Itu (dua militan Belgia kabur-red) terjadi dalam beberapa hari terakhir, tentunya setelah serangan Turki dimulai," sebut Tigchelt seperti dikutip dua anggota parlemen Belgia tersebut.


Salah satu anggota parlemen Belgia, Georges Dallemagne, menyebutkan bahwa dua militan yang kabur itu merupakan bagian dari 55 militan asal Belgia -- baik pria maupun wanita -- yang ditahan di dalam penjara-penjara atau ditampung di kamp-kamp yang dikuasai milisi Kurdi di Suriah.

Diketahui bahwa tiga militan Belgia lainnya ditahan di Irak.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com