Rusia Turunkan 3 Diplomat AS dari Kereta Tujuan Pelabuhan Kapal Selam Nuklir

Rusia Turunkan 3 Diplomat AS dari Kereta Tujuan Pelabuhan Kapal Selam Nuklir

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 12:42 WIB
Ilustrasi (REUTERS/Anton Vaganov/File Photo)
Ilustrasi (REUTERS/Anton Vaganov/File Photo)
Moskow - Otoritas Rusia menurunkan tiga diplomat Amerika Serikat (AS) dari rangkaian kereta yang melaju ke kota pelabuhan tempat kapal selam nuklir dirakit.

Seperti dilansir AFP, Kamis (17/10/2019), Departemen Luar Negeri AS mengonfirmasi kunjungan para diplomat AS itu ke Rusia, yang menurut laporan dilakukan pada Senin (14/10) waktu setempat. Ditegaskan AS bahwa para diplomatnya melakukan kunjungan resmi dan telah memberitahu otoritas Rusia.


Dalam pernyataan terpisah, otoritas Rusia menyatakan bahwa para diplomat AS itu menyebut nama kota yang berbeda. Otoritas Rusia juga menyebut diplomat AS itu 'jelas tersesat'. Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataan kepada kantor berita Rusia, mengonfirmasi pernyataan Departemen Luar Negeri AS.

"Ini merupakan sebuah kunjungan resmi dan mereka telah memberitahu Kementerian Pertahanan Rusia soal rencana mereka," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia.


"Hanya saja, mereka menyatakan niat mereka untuk mengunjungi Arkhangelsk dan mereka berakhir dalam perjalanan ke Severodvinsk," sebut Kementerian Luar Negeri Rusia. Severodvinsk merupakan kota pelabuhan di wilayah Arkhangelsk, yang menjadi lokasi dirakitnya kapal selam nuklir tenaga nuklir.

"Mereka jelas tersesat. Kami siap untuk memberikan peta Rusia kepada Kedutaan Besar AS," imbuh pihak kementerian Rusia dengan nada menyindir.
Selanjutnya
Halaman
1 2