29 Airbus A220 Milik Maskapai Swiss Di-grounded Usai Insiden di Udara

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 16 Okt 2019 10:42 WIB
Ilustrasi Swiss Airlines (REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo)
Bern - Maskapai utama Swiss, Swiss International Air Lines, meng-grounded 29 unit pesawat Airbus jenis A220 untuk menjalani pemeriksaan mesin. Hal ini dilakukan setelah salah satu pesawat jenis tersebut mengalami masalah teknis saat mengudara.

Seperti dilansir AFP, Rabu (16/10/2019), keputusan ini diambil setelah penerbangan dari London, Inggris menuju Jenewa, Swiss dialihkan ke Paris, Prancis pada Selasa (15/10) waktu setempat. Pengalihan dilakukan karena ada 'insiden baru yang memicu pertanyaan soal mesin'.

Diketahui bahwa maskapai Swiss International Air Lines memiliki 29 unit pesawat yang awalnya dikenal sebagai jenis Bombardier C Series.


Laporan media Swiss, RTS, yang mengutip Aviation Herald, menyebut bahwa Swiss International Air Lines telah beberapa kali mengalami insiden terkait mesin, untuk setahun terakhir sudah delapan kali.

Kabar ini mencuat saat biro penyelidikan dan analisis Prancis, BEA, pada Selasa (15/10) waktu setempat menyerukan agar para relawan membantu mencari serpihan mesin yang terjatuh dari sebuah pesawat Airbus A220 milik Swiss International Air Lines di atas wilayah Yonne, pada Juli lalu.

Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat atau FAA pada pekan lalu, merilis 'Arahan Kelaikan' yang mewajibkan inspeksi terhadap mesin buatan Pratt & Whitney yang digunakan oleh Airbus A220 dalam insiden Juli lalu dan insiden serupa pada September.
Selanjutnya
Halaman
1 2