detikNews
2019/10/14 12:40:46 WIB

Dituduh Terlibat Skandal Narkoba, Kepala Kepolisian Filipina Mundur

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dituduh Terlibat Skandal Narkoba, Kepala Kepolisian Filipina Mundur Oscar Albayalde (REUTERS/Dondi Tawatao/File Photo)
Manila - Kepala Kepolisian Filipina, Oscar Albayalde, mengundurkan diri dari jabatannya setelah dituduh terlibat dalam skandal narkoba. Pengunduran diri ini diumumkan kurang dari sebulan sebelum Albayalde pensiun.

Seperti dilansir Reuters, Senin (14/10/2019), Albayalde dituduh terlibat dalam praktik 'daur ulang' narkoba yang disita oleh kepolisian. Tuduhan itu dinilai bisa merusak operasi antinarkoba yang digaungkan pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte.

Dalam testimoni yang memicu pertanyaan soal kampanye antinarkoba pemerintahan Duterte, sejumlah saksi di hadapan Senat Filipina menuduh Albayalde melindungi para polisi yang menjual kembali narkoba yang disita polisi ke pasar gelap.


Albayalde telah membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Dia awalnya mengesampingkan untuk mengundurkan diri. Namun pada Senin (14/10) waktu setempat, Albayalde berubah pikiran dan mengumumkan pengunduran dirinya dengan alasan untuk memberikan kesempatan bagi Kepala Kepolisian Filipina yang baru.

Dalam pernyataannya, Albayalde merujuk pada testimoni di Senat dan fakta bahwa dirinya terseret dalam skandal tersebut.

"Setelah berpikir dan mempertimbangkan dengan hati-hati, saya sampai pada keputusan untuk melepaskan jabatan saya sebagai Kepala Kepolisian Nasional Filipina," ungkap Albayalde dalam pengumuman di hadapan jajaran kepolisian Filipina.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com