detikNews
2019/10/12 11:34:51 WIB

Baru 6 Bulan Menjabat, Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Mundur

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Baru 6 Bulan Menjabat, Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Mundur Presiden AS Donald Trump (Foto: AP Photo/Carolyn Kaster)
Washington - Lagi-lagi, pejabat pemerintah Amerika Serikat mundur dari jabatannya. Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri Kevin McAleenan telah mengundurkan diri.

"Kevin McAleenan telah melakukan pekerjaan hebat sebagai Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri. Kami telah bekerja sama dengan baik soal perbatasan," demikian cuitan Trump di Twitter.

"Kini Kevin, setelah bertahun-tahun di pemerintahan, ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya dan pergi ke sektor swasta. Selamat Kevin, atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik," imbuh Trump seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (12/10/2019).


McAleenan baru menjabat posisi tersebut selama enam bulan, menggantikan Kirstjen Nielsen yang telah menjabat selama 1,5 tahun.

Trump mengatakan bahawa dirinya akan mengumumkan Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri yang baru, pekan depan. Dikatakannya, ada banyak kandidat hebat untuk posisi tersebut.

Semasa jabatan singkat McAleenan, pemerintahan Trump meningkatkan upaya-upaya untuk menghentikan eksodus migran dari Guatemala, Honduras dan El Salvador dengan meminta Meksiko untuk menghalangi transit mereka dan mewajibkan mereka untuk mengajukan suaka di negara pertama yang mereka masuki -- yang berarti bisa Guatemala atau Meksiko.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com