detikNews
2019/10/11 14:28:11 WIB

Iran Sebut Kapal Tankernya Kena 2 Rudal di Dekat Pelabuhan Arab Saudi

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Iran Sebut Kapal Tankernya Kena 2 Rudal di Dekat Pelabuhan Arab Saudi Ilustrasi
Teheran - Otoritas Iran menyebut sebuah kapal tanker miliknya yang dihantam ledakan dan terbakar di dekat kota pelabuhan Jeddah, Arab Saudi, terkena dua rudal. Tidak disebut lebih lanjut asal rudal tersebut.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (11/10/2019), Perusahaan Tanker Nasional Iran (NITC) sebagai pemilik kapal tanker tersebut, menyatakan bagian lambung kapal dihantam dua ledakan terpisah saat berlayar di perairan berjarak sekitar 100 kilometer dari kota pelabuhan Jeddah, Saudi.

Disebutkan NITC bahwa ledakan itu 'mungkin disebabkan oleh serangan rudal'.


Dalam pernyataan terpisah, Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) yang merupakan induk perusahaan NITC secara terang-terangan menyebut ada dua rudal yang mengenai kapal tanker tersebut.

"Dua rudal mengenai kapal milik Iran di dekat kota pelabuhan Jeddah di Arab Saudi," kata NIOC dalam pernyataan yang dikutip televisi nasional Iran. Tidak dijelaskan lebih lanjut asal rudal tersebut.

Sebelumnya, sejumlah sumber menuturkan kepada kantor berita ISNA bahwa ledakan itu memicu kerusakan parah pada kapal tanker tersebut. Muatan minyak yang dibawa kapal tanker itu juga tumpah ke perairan Laut Merah.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com