detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 14:08 WIB

Pertama, Seorang Tentara Turki Tewas dalam Operasi Militer di Suriah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pertama, Seorang Tentara Turki Tewas dalam Operasi Militer di Suriah ilustrasi (Foto: AFP Photo/Bulent Kilic)
Ankara - Pemerintah Turki menyatakan bahwa seorang tentaranya tewas di wilayah Suriah utara. Ini merupakan korban tewas pertama di pihak militer Turki dalam serangan militernya melawan kelompok milisi Kurdi di Suriah.

Kementerian Pertahanan Turki menyatakan dalam sebuah statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (11/10/2019), bahwa tiga tentara Turki lainnya luka-luka dalam baku tembak dengan milisi Kurdi pada Kamis (10/10) waktu setempat. Kementerian tidak memberikan keterangan lebih detail mengenai insiden tersebut.


Seorang pejabat militer Kurdi dan kelompok HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights mengatakan, pertempuran terjadi di sejumlah lokasi di sepanjang perbatasan Turki-Suriah.

Dengan didukung para militan Suriah, militer Turki pada Rabu (9/10) waktu setempat telah memulai serangan udara dan darat terhadap kelompok milisi Kurdi, Kurdish People's Protection Units (YPG) yang didukung Amerika Serikat.


Pemerintah Turki telah sejak lama menentang dukungan AS pada YPG dalam perang melawan kelompok ISIS. Ankara menyebut milisi tersebut sebagai cabang "teroris" dari kelompok pemberontak Kurdi di wilayah Turki yang selama ini kerap melancarkan serangan.

Sebelumnya lewat akun Twitter miliknya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan dimulainya operasi militer untuk memerangi milisi Kurdi di Suriah. Operasi tersebut diberi nama "Operation Peace Spring". Militer Turki juga menggunakan jet-jet tempur dan artileri yang menargetkan posisi-posisi Kurdi di sepanjang perbatasan Turki dan Suriah.




Tonton jua video Turki Tambah Pasukan ke Perbatasan Suriah:

[Gambas:Video 20detik]




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com