detikNews
2019/10/11 13:44:01 WIB

Ledakan Picu Kebakaran di Kapal Tanker Iran Dekat Pelabuhan Arab Saudi

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 1
Ledakan Picu Kebakaran di Kapal Tanker Iran Dekat Pelabuhan Arab Saudi Foto: Thinkstock
Teheran - Sebuah ledakan memicu kebakaran pada sebuah kapal tanker minyak milik Iran di dekat kota pelabuhan Jeddah di Arab Saudi. Media Iran menyebut ledakan itu sebagai 'serangan teroris'.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (11/10/2019), ledakan dan kebakaran itu dilaporkan oleh media Iran, ISNA atau Iran's Student News Agency. Disebutkan bahwa ledakan itu menimpa sebuah kapal tanker minyak milik Perusahaan Minyak Nasional Iran pada Jumat (11/10) waktu setempat.


Kapal tanker itu dihantam ledakan yang kemudian memicu kebakaran di perairan, yang berjarak 60 mil atau 96 kilometer dari kota pelabuhan Jeddah, Saudi.

Dituturkan sejumlah sumber kepada ISNA, ledakan itu memicu kerusakan parah pada kapal tanker tersebut. Muatan minyak yang dibawa kapal tanker itu juga dilaporkan tumpah ke perairan Laut Merah.

Penyebab ledakan itu belum diketahui pasti. Namun sumber-sumber Iran menyebut keterlibatan teroris dalam insiden tersebut. "Para pakar meyakini itu merupakan serangan teroris," ujar sumber-sumber tersebut kepada ISNA. Tidak ada penjelasan lebih lanjut atas klaim ini.


Kantor berita Iran lainnya, Nour, yang diketahui dekat dengan Korps Garda Revolusi Iran, menyatakan bahwa seluruh anak buah kapal (ABK) dalam kondisi selamat dan kapal tanker dalam kondisi stabil.

"Tidak ada awak yang terluka dalam ledakan tersebut... situasinya berada di bawah kendali," kata Nour dalam laporannya.




Tonton juga video Kerajaan Buka Fasilitas Minyak Saudi Aramco ke Media:

[Gambas:Video 20detik]




(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com