detikNews
2019/10/11 11:48:43 WIB

Agresi Arab Saudi Akan Bikin Yaman Jadi Negara Termiskin di Dunia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Agresi Arab Saudi Akan Bikin Yaman Jadi Negara Termiskin di Dunia kondisi Yaman yang dilanda konflik berkepanjangan (Foto: REUTERS/Khaled Abdullah)
Sanaa - Yaman akan menjadi negara paling miskin di dunia jika agresi Arab Saudi terhadap negeri itu terus berlangsung. Demikian menurut laporan baru sebuah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Menurut laporan badan Program Pembangunan PBB (UNDP), kemiskinan di Yaman telah melonjak dari 47 persen penduduk pada tahun 2014 menjadi kemungkinan 75 persen pada akhir tahun 2019 ini dikarenakan konflik berkepanjangan tersebut.


"Jika pertempuran terus berlanjut hingga 2022, Yaman akan menempati posisi negara termiskin di dunia, dengan 79 persen penduduk hidup di bawah garis kemiskinan dan 65 persen diklasifikasikan sebagai sangat miskin," demikian laporan UNDP seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (11/10/2019).

Secara terpisah, perwakilan Yaman di UNDP, Auke Lootsma, mengatakan bahwa "krisis yang terus berlangsung saat ini mengancam akan membuat penduduk Yaman paling miskin di dunia -- sebuah gelar yang tak sanggup lagi diterima negara yang telah menderita itu."

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com